Keyboard dan Mouse Menyebabkan Sakit Pada Tangan

Bagi anda yang sering menggunakan komputer, baik untuk bekerja atau bermain dalam, anda berpotensi untuk terkena penyakit CPS (Carpal Tunnel Syndrome). Jika anda pernah mengalami sakit terutama saat menggunakan mouse kira-kira begitulah gambaran umum mengenai penyakit ini dan jangan menyepelekan penyakit ini.


Carpal Tunnel Syndrome adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse. Walaupun banyak penyebab lainnya tetapi penggunaan komputer yang terlalu sering menjadi penyebab penyakit pesendian tangan ini.

Gejala-gejalanya dapat kita ketahui misal sering pegal atau nyeri pada pergelangan tangan maupun jari tangan (ibu jari, jari telunjuk, jari tengah). Menurut penelitian, wanita beresiko 3 kali lipat terkena CPS disbanding pria.

Hal terburuk yang mungkin anda derita adalah putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya bahkan tidak dapat digerakkan sama sekali.

Bagaimana cara kita mencegahnya? Mengatur posisi duduk dan posisi tangan yang benar saat menggunakan keyboard atau mouse

  1. Jarak Pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm.
  2. Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata.
  3. Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor.
  4. Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat (lihat gambar) begitu juga kaki.
  5. Atur bangku anda sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika anda menggunakan keyboard
6. Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam), berdiri, sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaan anda

7. Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan anda
8. Gunakan penyangga kaki bila diperlukan
9. Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung anda

Memang tidak mudah untuk melakukan semua itu di atas, tetapi mungkin 2 software ini (Workrave dan Xwrist) dapat membantu mengingatkan anda untuk sejenak beristirahat sebelum melanjutkan pekerjaan.

0 komentar:

Posting Komentar