Sejarah Terbentuknya Laut

 Tulisan 4 Bhs. Indonesia
Laut terbentuk sekitar 4,4 milyar tahun yang lalu. Dimana awalnya bersifat sangat asam dengan air yang mendidih  (dengan suhu sekitar 100C) karena panasnya bumi pada saat itu. Asamnya air laut terjadi karena saat itu atmosfer bumi dipenuhi oleh Karbon Dioksida. Keasaman air inilah yang menyebabkan tingginya pelapukan yang terjadi yang mengahsilkan garam-garaman yang menyebabkan air laut menjadi asin seperti sekarang ini.

Uap air yang di atmosfer mulai terkondensasi dan terbentuklah hujan . Hujan inilah yang mengisi cekungan-cekungan di bumi hingga terbentuklah lautan itulah kenapa di bumi mulai ada air.
Secara perlahan-lahan, jumlah karbon dioksida yang ada di atmosfer mulai berkurang akibat terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat membentuk kalsium karbonat. Akibatnya, langit mulai menjadi cerah sehingga sinar matahari dapat kembali masuk menyinari bumi dan mengakibatkan terjadi proses penguapan sehingga volume air laut di bumi juga mengalami pengurangan dan bagian-bagian di bumi yang awalnya terendam air mulai kering. Proses pelapukan bantuan terus berlanjut akibat hujan yang terjadi dan terbawa ke lautan, menyebabkan air laut semakin asin.
Pada 3,8 milyar tahun yang lalu, planet bumi mulai terlihat biru karena laut yang sudah terbentuk tersebut. Suhu bumi semakin dingin karena air di laut berperan dalam menyerap energi panas yang ada.
Itulah sejarah terbentuknya laut.

2 komentar:

Resna Tazkiyatunnafs mengatakan...

Assalammualaikum, terima kasih infonya... salam kenal ya..

Alfian P Nugroho mengatakan...

Walaikumsalam, trima kasih kembali atas kunjungannya..

Posting Komentar