Bebera Alat Penyimpanan Data

Alat penyimpanan berfungsi sebagai  tempat dimana kita dapat mengumpulkan beberapa data yang kita inginkan.
Contoh data yang dapat kita simpan :
     1.  Gambar 
     2.  Music 
     3.  Data-data yang penting
Dan di bawah ini contoh-contoh dari alat penyimpanan diantaranya adalah :
                      1.  DISKET
      Cakram liuk atau disket (bahasa Inggris: floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas pada disket ialah 1,44 MB namun kapasitas sebenarnya adalah 1,38 MB



                         2.  CD
        Sebuah Compact Disc (juga dikenal sebagai CD) adalah sebuah cakram optik digunakan untuk menyimpan data digital. Awalnya dikembangkan untuk menyimpan dan pemutaran rekaman suara secara eksklusif, tetapi kemudian diperluas untuk mencakup penyimpanan data CD-ROM, write-sekali audio dan penyimpanan data CD-R, ditulis ulang media CD-RW, Video Compact Disc (VCD), Super Video Compact Cakram (SVCD), PhotoCD, PictureCD, CD-i, dan Enhanced CD. CD Audio telah tersedia secara komersial sejak Oktober 1982.
        CD standar memiliki diameter 120 mm dan dapat menyimpan hingga 80 menit terkompresi audio (700 MB data). CD Mini memiliki berbagai diameter dari 60 sampai 80 mm, mereka kadang-kadang digunakan untuk single CD, menyimpan hingga 24 menit driver perangkat audio atau penyampaian. 

                           3.  Flash Disk
          USB flash drive (sering juga USB flash drive ini disebut Flashdisk atau UFD) adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 64 megabyte sampai 512 gigabyte. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori flash yang digunakan.
          USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
          Namun flashdisk juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada flashdisk rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori flash yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan HardDisk yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

          Ket Gambar:

          1.     Sambungan USB
          2.     Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB
          3.     Titik-titik percobaan
          4.     Chip flash memory
          5.     Oscillator kristal
          6.     LED
          7.     Write-protect switch
          8.     Ruang kosong untuk chip flash memory kedua.

          0 komentar:

          Posting Komentar