Macam-macam Virus yang Mematikan di Dunia

  • Hepatitis B
Hepatitis B adalah penyakit hati yang ditularkan oleh virus Hepatitis B, yang menyebabkan peradangan Hati dan dapat berlanjut menjadi penyakit kanker Hati. Virus ini dapat menular melalui darah atau produk darah dan virus ini tidak memandang usia, penularan virus ini biasanya terjadi antara pemakai obat dan jarum suntik yang kurang steril.

Pengobatan Tradisional bagi penyakit Hepatitis B:
Beberapa jenis tum
buhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan Hepatitis, antara lain yaitu temulawak (Curcuma xanthorrhiza), kunyit (Curcuma longa), sambiloto (Andrographis paniculata), meniran (Phyllanthus urinaria), daun serut/mirten, jamur kayu/lingzhi (Ganoderma lucidum), akar alang-alang (Imperata cyllindrica), rumput mutiara (Hedyotis corymbosa), pegagan (Centella asiatica), buah kacapiring (Gardenia augusta), buah mengkudu (Morinda citrifolia), jombang (Taraxacum officinale).selain itu juga ada pengobatan alternatif lain seperti hijamah/bekam yang bisa menyembuhkan segala penyakit hepatitis, asal dilakukan dengan benar dan juga dengan standar medis.

  • SARS
SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome adalah sebuah penyakit yang menyerang pernafsan pada manusia, Penyakit ini pertama kali ditemukan pada tanggal 22 November 2002 di Provinsi Guangdong, Tiongkok, Sekitar 10% pengidap penyakit ini telah meninggal dunia dan virus ini telah menyebar keseluruh dunia melalui turis-turis yang datang ke berbagai negara dan sampai saat ini virus ini belum ada obatnya. Tetapi penyakit ini dapat dicegah dengan cara memakai masker walaupun cara ini belum efektif untuk mengatasi penyebaran Virus SARS ini akan tetapi hanya cara inilah kita dapat menyempit penyebaran virus ini.
Setelah Tiongkok membungkam berita wabah SARS baik internal maupun internasional, SARS menyebar sangat cepat, mencapai negeri tetangga Hong Kong dan Vietnam pada akhir Februari 2003, kemudian ke negara lain dengan perantaraan wisatawan internasional. Kasus terakhir dari epidemi ini terjadi pada Juni 2003. Dalam wabah itu, 8.069 kasus muncul yang menewaskan 775 orang.

  • Virus H1N1
Virus H1N1 atau biasa disebut dengan flu Babi, Flu ini ditularkan virus Orthomyxoviridae yang endemik pada populasi babi. Flu babi menginfeksi manusia tiap tahun dan biasanya ditemukan pada orang-orang yang bersentuhan dengan babi, meskipun ditemukan juga kasus-kasus penularan dari manusia ke manusia.
Dan sampai saat ini untuk virus H1N1 ini belum ada obatnya atau belum dapat disembuhkan.
Gejala:
* Demam, lesu, kurang semangat, batuk, hidung meler, radang tenggorokan, mual, muntah, diare.
* Tahap lanjut, terjadi sesak nafas. Kematian terjadi akibat kegagalan pernafasan.
Pencegahan:
Pada saat bersin tutup hidung dan mulut, cuci tangan sebelum makan dan bagi pengidap flu ini haruslah memakai masker agar menyempit penularan virus ini.

Penybaran Virus H1N1:
13 April 2009
* Kematian pertama akibat flu babi (swine flu) H1N1 di negara bagian Oaxaca, Meksiko.
18 April
* US Center for Disease Control and Prevention (CDCP) menerima 14 sampel dahak penderita. Dahak mengandung varian virus baru, kombinasi H1N1, H5N1, dan virus influenza yang bermutasi.
24 April 2009
Muncul kasus flu aneh di Kansas dan California. Diduga sudah menyebar ke New York City.
25 April 2009
* 22 Pelajar dan pengajar Rangototo College di Auckland, Selandia Baru positif terinfeksi. Mereka 3 pekan di Meksiko dan balik ke Auckland via Los Angeles, AS.
* 9 Kasus di Texas dan California selatan. Delapan kasus dugaan flu babi terbaru muncul di kalangan pelajar sebuah sekolah di New York City.
* Presiden AS Barack Obama memerintahkan Dewan Keamanan Dalam Negeri, Deplu, dan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDCP) memantau.
* WHO mengaktifkan shoc room, pusat operasi kesehatan strategis untuk menghadapi wabah flu babi. Nyatakan virus flu babi bisa menjadi pandemi seperti flu burung.
* Menkes RI Situ Fadillah Supari menyatakan Depkes antisipasi dan tangani seperti menghadapi flu burung (H5N1)
Hingga 26 April 2009
* 81 Orang di Meksiko meninggal karena flu. Dipastikan 21 di antaranya flu babi.
* Sudah 1.324 orang terjangkit flu babi.
* Pemerintah Meksiko isolasi para korban yang terjangkit flu babi
* Tentara dan petugas medis berpatroli mencari orang yg terjangkit untuk diisolasi
1918-1919:
Pernah muncul flu aneh dari Spanyol yang menewaskan 40 juta orang berusia 20-40 tahun di seluruh dunia.


1 komentar:

David mengatakan...

Terima kasih kakak atas infonya sangat membantu

Posting Komentar